Mengenal Mentari Assessment

Mentari Assessment, yang merupakan pusat resmi untuk ujian bahasa Inggris Cambridge English (The Authorised Exam Centre for Cambridge Assesment English) di Indonesia dengan nomor identifikasi ID280, adalah bagian dari Mentari Group yang didirikan pada Maret 2011. Mentari Assessment siap menyediakan semua jenis ujian Cambridge English di Indonesia untuk para siswa, guru, dan profesional. Hingga saat ini, Mentari Assessment telah menyelenggarakan ujian Cambridge English di lebih dari 22 kota di penjuru Indonesia.

Komitmen Kami

Mentari Assessment berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya dengan:
 
1. Mendukung sekolah dan lembaga pendidikan dalam pengembangan kurikulum bahasa Inggris berstandar internasional;
2. Layanan yang komprehensif untuk membantu sekolah mempersiapkan kebutuhan penyelenggaraan ujian dari konsultasi hingga pelatihan;
3. Pengelolaan proses administrasi dalam ujian;
4. Penyelenggaraan ujian yang memenuhi semua standar (full compliance) Cambridge Assessment English

Apakah Cambridge Assessment English Certifications ?

Cambridge Assessment, yang merupakan departemen nirlaba dari Universitas Cambridge, adalah pemimpin global dalam kualifikasi bahasa Inggris. Cambridge Assessment English (sebelumnya dikenal sebagai Cambridge English Language Assessment), yang mengembangkan dan memproduksi ujian Cambridge English sejak tahun 1913, adalah pemimpin pasar dunia untuk semua kualifikasi bagi siswa dan guru yang belajar dan mengajar bahasa Inggris.

Lebih dari 5 juta orang di 140 negara memilih ikut dalam ujian Cambridge English setiap tahunnya. Di seluruh dunia, 20.000 universitas, perusahaan, pemerintahan, dan organisasi lainnya mengandalkan sertifikat Cambridge English sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris. Cambridge English mempunyai pengalaman yang tidak tertandingi dalam bekerja dengan kementerian serta pemerintahan nasional dan regional di seluruh dunia untuk menyediakan pengembangan dan inovasi dalam pembelajaran, pengajaran, dan pengujian bahasa Inggris. Ujian-ujian Cambridge memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan, sekolah, perguruan tinggi, dan pemerintah di seluruh dunia. Ujian-ujian tersebut mengubah hidup jutaan siswa, karyawan, dan pendatang dengan membuka peluang-peluang baru.

klik gambar untuk memperbesar

COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR)

Common European Framework of Reference memainkan peran yang sangat sentral dalam kebijakan bahasa dan pendidikan tidak hanya di Eropa tetapi juga di dunia. CEFR adalah bagian penting bagi Penguji Kemampuan Bahasa untuk membantu mendefinisikan level ketrampilan berbahasa dan menginterpretasikan kualifikasi dalam berbahasa.

CEFR mendeskripsikan kemampuan berbahasa menjadi suatu skala yang terdiri dari 6 level dimulai dari level A1 untuk pemula hingga C2 untuk mereka yang sudah mahir. Hal ini memberikan kemudahan bagi semua orang yang terlibat di dalam pengajaran dan pengujian Bahasa (siswa, guru, trainer, dan lainnya) untuk melihat level kualifikasi yang berbeda. Hal ini juga berarti bahwa karyawan dan institusi pendidikan dapat dengan mudah membandingkan kualifikasi dan melihat bagaimana mereka terkait dengan ujian Cambridge English.

Semua ujian Cambridge English sesuai dengan tingkatan-tingkatan yang dijabarkan oleh CEFR.

CAMBRIDGE ENGLISH SCALE

Cambridge English Scale adalah penilaian yang digunakan untuk melaporkan hasil dari ujian Cambridge English. Cambridge English Scale dibuat berdasarkan laporan hasil dan riset yang telah dilakukan bertahun-tahun dan didesain untuk melengkapi CEFR. Cambridge English Scale memungkinkan pelaporan hasil ujian yang lebih mudah dan pemenuhan kebutuhan yang lebih baik bagi pengguna ujian seperti peserta, guru, universitas, dan departemen imigrasi.

Cambridge English Scale memungkinkan:

Hasil yang lebih detil—peserta menerima skor untuk setiap kemampuan (Reading, Writing, Listening, dan Speaking) serta Use of English pada sebagian ujian. Peserta juga menerima skor keseluruhan ujian dalam Cambridge English Scale.
Sederhana dan konsisten—hasil dalam ujian-ujian dilaporkan dalam skala yang sama. Skor pada Cambridge English Scale menggantikan skor standard dari peserta.
Mudah untuk dibandingkan—Kesejajaran ujian dengan CEFR, IELTS, dan satu sama lainnya dapat dibandingkan dengan jelas. Hasil yang dilaporkan dalam Cambridge English Scale juga memudahkan peserta untuk melihat progresnya dari satu ujian ke ujian berikutnya.

klik gambar untuk memperbesar

Jenis-jenis Ujian Cambridge English

Pre A1 Starters

Pre A1 Starters: ujian tingkat terdasar untuk siswa-siswa Sekolah Dasar yang ingin mulai mendapatkan ketrampilan Bahasa Inggris. Ujian Pre A1 Starters mencakup tugas-tugas seperti menggambar, mewarnai, hingga memecahkan teka-teki. Kontennya sangat baik dalam memotivasi dan menginspirasi anak-anak.

Ujian ini menjadi permulaan bagi si anak dalam memulai petualangan belajar Bahasa Inggris, serta juga membantu siswa untuk belajar kalimat dasar dalam Bahasa Inggris, membangun kosa kata dasar Bahasa Inggris, dan membiasakan diri dengan alfabet dan pengucapan huruf dan angka dalam Bahasa Inggris.


Level CEFR : Pre-Level A1
Kandidat yang sesuai : Usia 7-12 tahun
Komponen : - Reading & Writing: 20 menit
- Listening: sekitar 20 menit
- Speaking: 3-5 menit
Penilaian (Skor) : 1-5 Shields
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 4-6 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)
Tanggal Ujian : Dapat diatur sesuai kebutuhan
A1 Movers

A1 Movers: merupakan ujian tingkat menengah untuk siswa sekolah dasar yang ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka.

A1 Movers mencakup tugas-tugas yang melibatkan keterampilan menggambar, mewarnai, hingga memecahkan teaki-teki. Konten dalam ujian ini bagus untuk memotivasi dan menginspirasi siswa.

A1 Movers diperuntukkan untuk level A1 CEFR dan didesain berdasarkan Bahasa Inggris yang dipelajari ditingkat sekolah dasar. Ujian ini membantu siswa untuk mengerti frase-frase dasar dan perintah dalam Bahasa Inggris, mengungkapkan kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris dan mengidentifikasi banyak objek sehari-hari dan ditempatkan ke dalam konteks yang familiar.


Level CEFR : Level A1
Kandidat yang sesuai : Usia 7-12 tahun
Komponen : - Reading & Writing: 30 menit
- Listening: sekitar 25 menit
- Speaking: 5-7 menit
Penilaian (Skor) : 1-5 Shields
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 4-6 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)
Tanggal Ujian : Dapat diatur sesuai kebutuhan
A2 Flyers

A2 Flyers : ujian tingkat tertinggi untuk siswa sekolah dasar yang ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Level flyers ini termasuk tugas-tugas yang melibatkan menggambar, mewarnai, atau memecahkan teka-teki. Konten yang diujikan di level Flyers sangat bagus untuk memotivasi dan menginspirasi siswa.

Level A2 Flyers ini diperuntukkan untuk menguji di level A2 yang juga setara dengan Cambridge English level Key (KET) yang dapat diambil sebagai alternative.

A2 Flyers membantu peserta didik untuk memahami pertanyaan sederhana dan petunjuk dalam Bahasa Inggris, mengutarakan pendapat sederhana atau kebutuhan dalam Bahasa Inggris, dan bentuk-bentuk lengkap atau informasi pribadi.


Level CEFR : Level A2
Kandidat yang sesuai : Usia 7-12 tahun
Komponen : - Reading & Writing: 40 menit
- Listening: sekitar 25 menit
- Speaking: 7-9 menit
Penilaian (Skor) : 1-5 Shields
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 4-6 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)
Tanggal Ujian : Dapat diatur sesuai kebutuhan
A2 Key / Key English Test (KET)

A2 Key / Key English Test (KET) : kualifikasi tingkat dasar yang bertujuan agar peserta didik dapat:
- memahami dan menggunakan frasa dan ungkapan dasar dalam bahasa Inggris
- mengerti bahasa Inggris tertulis sederhana
- berinteraksi dengan penutur bahasa Inggris di tingkat dasar

KET menguji kemampuan siswa dalam memahami pertanyaan sederhana dan petunjuk dalam Bahasa Inggris, mengutarakan pendapat sederhana atau kebutuhan dalam Bahasa Inggris, bentuk-bentuk lengkap dan menulis surat pendek terkait dengan informasi pribadi.


Level CEFR : Level A2
Kandidat yang sesuai : Minimum level A1
Komponen : - Reading & Writing: 60 menit
- Listening: sekitar 30 menit
- Speaking: 10 menit
Penilaian (Skor) : A, B, & C
Cambridge English Scale : 100 - 150
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 6-8 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)& Computer-based (Centre kami hanya menyediakan Paper-based)
Tanggal Ujian : Mengikuti jadwal yang berlaku Global
B1 Preliminary English Test

B1 Preliminary English Test, umumnya dikenal sebagai PET : kualifikasi tingkat menengah untuk siswa yang ingin dapat:
- membaca buku teks dan artikel sederhana dalam bahasa Inggris
- menulis surat dan email tentang topik sehari-hari
- memahami informasi faktual
- menunjukkan kesadaran akan opini dan kondisi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan

PET diperuntukkan untuk level B1, yaitu tingkat Bahasa Inggris yang diperlukan untuk penggunaan praktis, dalam bekerja sehari-hari, belajar dan wisata. PET memberi peserta didik keterampilan untuk memahami poin utama instruksi langsung atau pengumuman public dalam Bahasa Inggris, menangani sebagian besar situasi ketika bepergian, mengajukan pertanyaan sederhana dan mengambil bagian dalam percakapan faktual dalam pengaturan kerja, dan menulis surat atau membuat catatan tentang hal-hal yang familiar.

Terdapat format khusus untuk sekolah, yaitu B1 Preliminary for Schools dengan perbedaan pada perlakuan dan topik yang ditargetkan sesuai dengan kepentingan dan pengalaman siswa sekolah.


Level CEFR : Level B1
Kandidat yang sesuai : Minimum level A2
Komponen : - Reading: 45 menit
- Writing: 45 menit
- Listening: sekitar 30 menit
- Speaking: 12 menit
Penilaian (Skor) : A, B, & C
Cambridge English Scale : 120 - 170
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 6-8 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)& Computer-based (Centre kami hanya menyediakan Paper-based)
Tanggal Ujian : Mengikuti jadwal yang berlaku Global
B2 First

B2 First, umumnya dikenal dengan nama First Certificate of English (FCE) : kualifikasi tingkat menengah-atas untuk siswa mempersiapkan diri terjun langsung ke dunia nyata.

B2 First diperuntukkan untuk peserta didik level B2. Tingkat ini cocok untuk studi level menengah atau untuk memulai bekerja di lingkungan berbahasa Inggris. Ini menunjukkan bahwa siswa terampil dalam Bahasa Inggris.

Cambridge English First membantu siswa untuk berkomunikasi dengan percaya diri dalam lingkungan studi yang akrab, berbicara dan menggunakan Bahasa Inggris dalam situasi kerja yang nyata, mengambil bagian dalam percakapan Bahasa Inggris sehari-hari, dan mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris mereka terhadap kualifikasi di tingkat yang lebih tinggi.

Terdapat format khusus untuk sekolah yaituB2 First for dengan perbedaan pada perlakuan dan topik yang ditargetkan sesuai dengan kepentingan dan pengalaman siswa sekolah.


Level CEFR : Level B2
Kandidat yang sesuai : Minimum level B1
Komponen : - Reading & Use of English: 75 menit
- Writing: 80 menit
- Listening: sekitar 40 menit
- Speaking: 14 menit
Penilaian (Skor) : A, B, C
Cambridge English Scale : 140 - 190
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 6-8 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)& Computer-based (Centre kami hanya menyediakan Paper-based)
Tanggal Ujian : Mengikuti jadwal yang berlaku Global
C1 Advanced

C1 Advanced, umumnya dikenal sebagai Advanced Certificate of English (CAE) : kualifikasi dengan prestasi tinggi untuk yang memiliki ambisi studi sarjana, pascasarjana, atau bekerja dalam bisnis internasional.

CAE memberikan penilaian yang mendalam dari kemampuan pelajar dan kelancaran di level C1. Ini adalah kualifikasi yang tak tertandingi untuk membuktikan bahwa pelajar telah menguasai Bahasa Inggris.

CAE memberdayakan peserta didik untuk mengikuti program akademik sarjana, berpartisipasi dengan percaya diri dalam tutorial akademik dan seminar, melaksanakan penelitian yang kompleks dan menantang, dan berkomunikasi secara efektif pada tingkat manajerial.


Level CEFR : Level C1
Kandidat yang sesuai : Minimum level B2
Komponen : - Reading & Use of English: 90 menit
- Writing: 90 menit
- Listening: sekitar 40 menit
- Speaking: 15 menit
Penilaian (Skor) : A, B, C
Cambridge English Scale : 160 - 210
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 6-8 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)& Computer-based (Centre kami hanya menyediakan Paper-based)
Tanggal Ujian : Mengikuti jadwal yang berlaku Global

Klik tanda + untuk melihat lebih detail
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Cambridge English

Mengapa Perlu Mengikuti Ujian Cambridge English?

Membuka Peluang Emas Untuk Siswa
Dengan mengikuti ujian Cambridge secara bertahap siswa Anda akan mempunyai keunggulan yang signifikan ketika mereka siap untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk bekerja.
Memotivasi Siswa Anda
Rangkaian ujian Cambridge English kami untuk sekolah diciptakan secara spesifik untuk anak-anak dan remaja. Dengan adanya tujuan mengikuti ujian dan lulus, siswa akan lebih termotivasi untuk belajar bahasa Inggris.
Menunjukkan Sekolah Anda Berstandar Internasional
Mendapat bukti yang objektif dari badan berstandardisasi internasional bahwa siswa Anda mencapai kompetensi dan kesuksesan dalam program bahasa Inggris Anda di sekolah Anda.
Membuat Bahasa Inggris Lebih Relevan
Ujian kami meliputi keempat aspek keterampilan berbahasa, yaitu reading, writing, listening, dan speaking sehingga akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.
Meningkatkan Bahasa Inggris Siswa Selangkah Demi Selangkah
Ujian kami dimulai di tingkat pemula dan selanjutnya ke tingkatan yang lebih tinggi sehingga siswa Anda bisa membangun rasa percaya diri dan kompetensi secara bertahap.
Mendapatkan Dukungan Untuk Para Guru dan Siswa
Cambridge English menyediakan materi pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran dan persiapan ujian yang dibutuhkan oleh guru dan siswa.
Memiliki Kualitas Terpercaya
Satu-satunya badan sertifikasi bahasa Inggris berstandar internasional yang telah ada dan berdiri sejak 1913 dan menerapkan standar mutu yang sangat tinggi. Komitmen untuk memberikan ujian dengan kualitas setinggi mungkin juga didukung oleh program penelitian dan evaluasi yang luas. Makalah terkait materi ujian diproduksi dan diuji coba menggunakan prosedur yang ketat untuk memastikan akurasi dan keadilan, serta penilaian ujian pun terus dipantau untuk konsistensi. Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di publikasi 'Prinsip Praktek yang Baik' yang dapat diunduh gratis dari www.cambridgeenglish.org/principles.

Klik tanda + untuk melihat lebih detail

CAMBRIDGE ENGLISH INTERNATIONAL EXAMINATIONS
telah diselenggarakan di 18 kota

Download 2019 Exam Schedule

Download 2020 Exam Schedule

EXAM PREPARATION CENTRE

Apa itu Exam Preparation Centre ?

Exam Preparation Centre adalah setiap sekolah atau lembaga yang mempersiapkan dan memasukkan calon peserta ujian Cambridge English melalui pusat ujian resmi (Authorized Centre). Mentari Assessment siap membantu sekolah anda untuk mendaftar sebagai Exam Preparation Centre ujian Cambridge English.

Ketentuan dan Kondisi untuk menjadi Exam Preparation Centre

Sekolah atau institusi mendaftar untuk minimum jumlah peserta dalam satu tahun periode. Untuk mendapatkan izin pemakaian logo dan sertifikat dibutuhkan minimal 100 peserta dalam satu tahun periode (Agustus-Juli).

Keuntungan Exam Preparation Centre

Menjadi pusat persiapan untuk ujian Cambridge English adalah cara mudah untuk menjadi bagian dari komunitas Cambridge English. Sebagai bagian dari komunitas ini, pusat persiapan berhak mendapatkan berbagai macam manfaat, yaitu:

  Akses ke Cambridge English Language Assessment Online untuk Preparation Centre
  Akses situs web untuk materi pemasaran termasuk lembar fakta ujian yang dapat dipersonalisasi dan dikirim langsung ke calon potensial
  Akses ke berbagai macam bahan dukungan pengajaran dan presentasi ready-made
  Newsletter langsung dari Cambridge Assessment English yang mencakup informasi tentangperkembangan baru, penawaran baru, dan penawaran khusus.
  Selain itu, beberapa pusat persiapan menerima sertifikat dan dapat menampilkan logo untuk tujuan promosi program persiapan (terdapat kriteria yang berlaku untuk penggunaan logo dan sertifikat)

Cara mendaftar ujian

Step 1
Step 2
Step 3
Step 4
Step 5
Step 6
Step 7
Step 8

PERATURAN UNTUK HARI UJIAN

Persiapan Ruang Ujian

  Menampilkan pemberitahuan Cambridge Assessment English kepada kandidat di luar (bukan di dalam) ruang ujian. Cukup satu pemberitahuan diperlukan jika pemberitahuan itu terlihat dari luar semua ruang yang digunakan
  Melepas atau menutupi semua materi dalam bahasa Inggris, seperti poster atau pemberitahuan lainnya di ruang ujian (kecuali untuk pemberitahuan terkait keselamatan)
  Memiliki jam di bagian depan ruangan
  Menyediakan perangkat pemutar CD untuk ujian listening
  Menyediakan suasana ruang ujian yang kondusif, misalnya tidak terlalu berisik, ruang dengan pintu / jendela tertutup, pencahayaan yang cukup, suhu nyaman, bersih, dll.

Pengaturan tempat duduk

  Peserta ujian harus duduk di kursi bermeja
  Menampilkan nomor peserta dengan jelas dan di lokasi yang aman di setiap meja
  Nomor peserta harus terlihat jelas oleh para pengawas ujian dari kejauhan
  Peserta harus menghadap ke arah yang sama dan duduk sesuai urutan nomornya
  Memastikan bahwa meja setidaknya berjarak 1,25 m (dari tengah meja ke segala arah)
  Sebuah meja yang sama dapat digunakan bersama selama peserta memiliki jarak setidaknya 1,25 m
  Peserta tidak boleh duduk membelakangi pengawas ujian
  Tidak menggunakan kursi dengan flap samping, kecuali jika flap samping memungkinkan peserta untuk meletakkan kertas pertanyaan dan lembar jawaban secara berdampingan.

Materi resmi yang dapat dimiliki peserta ujian di meja mereka selama ujian:

  Kartu identitas, pena, pensil, penghapus, kotak pensil kecil, air dalam botol plastik, obat-obatan (jika perlu) dan tanda konfirmasi pendaftaran ujian
  Hanya untuk kandidat YLE: pensil warna perlu disediakan (hitam, biru, coklat, hijau, abu-abu, oranye, pink, ungu, merah, kuning)
  Semua materi atau barang lain harus ditempatkan di area yang ditentukan. Contoh materi atau barang yang perlu ditempatkan di area yang ditentukan: ponsel, kamera atau barang elektronik lainnya, kamus, cairan koreksi / tape, dll., kertas, tas sekolah, tas, koper.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:

Kantor Pusat:
Rukan Sentra Niaga Puri Indah
Block T1/14, Jakarta Barat
Phone: +62 21 - 5890 1900, Fax +62 21 - 5890 0818
Email: contact@mentariassessment.com

Jawa Barat:
Jl. Terusan Ir. Sutami Kav. 8A-8B
Bandung, Jawa Barat
Phone: +62 22 - 2013678
Email: jabar@mentariassessment.com

Wilayah Indonesia Barat:
Jl. Gatot Subroto
Komp. Tomang Elok Blok L, No. 7/92
Medan Sunggal - Sumatera Utara 20118
Phone: +62 61 - 4256 5905
Email: sumut@mentariassessment.com

Wilayah Indonesia Timur 1:
Ruko Darmo Villa Blok A/8,
Jl. Raya Darmo Permai Selatan, Surabaya
Phone: +62 31 - 732 5775
Email: jatim@mentariassessment.com

Wilayah Indonesia Timur 2:
Jl. Pulau Saelus No. 1D Sesetan
Denpasar Selatan, Bali
Phone: +62 361 - 254 857
Email: bali@mentariassessment.com