Mengenal Mentari Assessment

Mentari Assessment, yang merupakan pusat resmi untuk ujian bahasa Inggris Cambridge English (The Authorised Centre of Cambridge English Language Assesment) di Indonesia dengan nomor identifikasi ID280, adalah bagian dari Mentari Group yang didirikan pada Maret 2011. Mentari Assessment siap menyediakan semua jenis ujian Cambridge English di Indonesia untuk para siswa, guru, dan profesional. Hingga saat ini, Mentari Assessment telah menyelenggarakan ujian Cambridge English di 17 kota di penjuru Indonesia.

Apakah Cambridge English Language Assessment ?

Cambridge English Language Assessment, yang merupakan departemen nirlaba dari Universitas Cambridge, adalah pemimpin global dalam kualifikasi bahasa Inggris. Cambridge English Language Assessment, yang mengembangkan dan memproduksi ujian Cambridge English sejak tahun 1913, adalah pemimpin pasar dunia untuk semua kualifikasi bagi siswa dan guru yang belajar dan mengajar bahasa Inggris.

Lebih dari 5 juta orang di 130 negara memilih ikut dalam ujian Cambridge English setiap tahunnya. Di seluruh dunia, 20.000 universitas, perusahaan, pemerintahan, dan organisasi lainnya mengandalkan sertifikat Cambridge English sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris. Cambridge English mempunyai pengalaman yang tidak tertandingi dalam bekerja dengan kementerian serta pemerintahan nasional dan regional di seluruh dunia untuk menyediakan pengembangan dan inovasi dalam pembelajaran, pengajaran, dan pengujian bahasa Inggris. Ujian-ujian Cambridge memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan, sekolah, perguruan tinggi, dan pemerintah di seluruh dunia. Ujian-ujian tersebut mengubah hidup jutaan siswa, karyawan, dan pendatang dengan membuka peluang-peluang baru.

klik gambar untuk memperbesar

COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR)

Common European Framework of Reference memainkan peran yang sangat sentral dalam kebijakan Bahasa dan pendidikan tidak hanya di Eropa tetapi juga di Dunia. CEFR adalah bagian penting bagi Penguji Kemampuan Bahasa untuk membantu mendefinisikan level ketrampilan berbahasa dan menginterpretasikan kualifikasi dalam berbahasa.

CEFR mendeskripsikan kemampuan berbahasa menjadi suatu skala yang terdiri dari 6 level dimulai dari level A1 untuk pemula hingga C2 untuk mereka yang sudah mahir. Hal ini memberikan kemudahan bagi semua orang yang terlibat di dalam pengajaran dan pengujian Bahasa (siswa, guru, trainer, dan lainnya) untuk melihat level kualifikasi yang berbeda. Hal ini juga berarti bahwa karyawan dan institusi Pendidikan dapat dengan mudah membandingkan kualifikasi dan melihat bagaimana mereka terkait dengan ujian Cambridge English.

Semua ujian Cambridge English sesuai dengan tingkatan-tingkatan yang dijabarkan oleh CEFR.

CAMBRIDGE ENGLISH SCALE

Cambridge English Scale adalah penilaian yang digunakan untuk melaporkan hasil dari ujian Cambridge English. Cambridge English Scale dibuat berdasarkan laporan hasil dan riset yang telah dilakukan bertahun-tahun dan didesain untuk melengkapi CEFR. Cambridge English Scale memungkinkan pelaporan hasil ujian yang lebih mudah dan pemenuhan kebutuhan yang lebih baik bagi pengguna ujian seperti peserta, guru, universitas, dan departemen imigrasi.

Cambridge English Scale memungkinkan:

Hasil yang lebih detil—peserta menerima skor untuk setiap kemampuan (Reading, Writing, Listening, dan Speaking) serta Use of English pada sebagian ujian. Peserta juga menerima skor keseluruhan ujian dalam Cambridge English Scale.
Mudah dan Konsisten—hasil dalam ujian-ujian dilaporkan dalam skala yang sama. Skor pada Cambridge English Scale menggantikan skor standard an profil kandidat.
Mudah untuk dibandingkan—Kesejajaran ujian dengan CEFR, IELTS, dan satu sama lainnya dapat dibandingkan dengan jelas. Hasil yang dilaporkan dalam Cambridge English Scale juga memudahkan peserta untuk melihat progresnya dari satu ujian ke ujian berikutnya.

klik gambar untuk memperbesar

Jenis-jenis Ujian Cambridge English

Cambridge English YLE: Starters

Cambridge English Young Learners English Starters adalah ujian tingkat terdasar untuk siswa-siswa Sekolah Dasar yang ingin mulai mendapatkan ketrampilan Bahasa Inggris. Ujian YLE Starters mencakup tugas-tugas seperti menggambar, mewarnai, hingga memecahkan teka-teki. Kontennya sangat baik dalam memotivasi dan menginspirasi anak-anak.

YLE Starters menjadi permulaan bagi si anak dalam memulai petualangan belajar Bahasa Inggris, serta juga membantu siswa untuk belajar kalimat dasar dalam Bahasa Inggris, membangun kosa kata dasar Bahasa Inggris, dan membiasakan diri dengan alfabet dan pengucapan huruf dan angka dalam Bahasa Inggris.


Level CEFR : Pre-Level A1
Kandidat yang sesuai : Usia 7-12 tahun
Komponen : - Reading & Writing: 20 menit
- Listening: sekitar 20 menit
- Speaking: 3-5 menit
Penilaian (Skor) : 1-5 Shields
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 4-6 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)
Tanggal Ujian : Dapat diatur sesuai kebutuhan
Cambridge English YLE: Movers

Cambridge YLE Movers merupakan ujian tingkat menengah untuk siswa sekolah dasar yang ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka.

YLE Movers mencakup tugas-tugas yang melibatkan keterampilan menggambar, mewarnai, hingga memecahkan teaki-teki. Konten dalam ujian ini bagus untuk memotivasi dan menginspirasi siswa.

YLE Movers diperuntukkan untuk level A1 CEFR. YLE Movers didesain berdasarkan Bahasa yang dipelajari ditingkat sekolah dasar. Level starters membantu siswa untuk mengerti frase-frase dasar dan perintah dalam Bahasa Inggris, mengungkapkan kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris dan mengidentifikasi banyak objek sehari-hari dan ditempatkan ke dalam konteks yang familiar.


Level CEFR : Level A1
Kandidat yang sesuai : Usia 7-12 tahun
Komponen : - Reading & Writing: 30 menit
- Listening: sekitar 25 menit
- Speaking: 5-7 menit
Penilaian (Skor) : 1-5 Shields
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 4-6 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)
Tanggal Ujian : Dapat diatur sesuai kebutuhan
Cambridge English YLE: Flyers

Cambridge YLE Flyers adalah ujian tingkat tertinggi untuk siswa sekolah dasar yang ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Di level flyers juga termasuk tugas-tugas yang melibatkan menggambar, mewarnai, atau memecahkan teka-teki. Konten yang diujikan di level flyers sangat bagus untuk memotivasi dan menginspirasi siswa.

Cambridge YLE Flyers diperuntukkan untuk menguji di level A2 yang juga setara dengan Cambridge English level Key (KET) yang dapat diambil sebagai alternative.
Cambridge YLE Flyers membantu peserta didik untuk memahami pertanyaan sederhana dan petunjuk dalam Bahasa Inggris, mengutarakan pendapat sederhana atau kebutuhan dalam Bahasa Inggris, dan bentuk-bentuk lengkap atau informasi pribadi.


Level CEFR : Level A2
Kandidat yang sesuai : Usia 7-12 tahun
Komponen : - Reading & Writing: 40 menit
- Listening: sekitar 25 menit
- Speaking: 7-9 menit
Penilaian (Skor) : 1-5 Shields
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 4-6 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)
Tanggal Ujian : Dapat diatur sesuai kebutuhan
Key English Test (KET)/ Key English Test for School (KETfs)

Cambridge English Key umumnya dikenal sebagai Key English Test (KET) adalah kualifikasi tingkat dasar untuk percakapan dasar dan menulis dalam Bahasa Inggris.

KET diperuntukkan untuk level A2 dan merupakan tahapan pertama dalam belajar Bahasa Inggris.

KET menguji kemampuan siswa dalam memahami pertanyaan sederhana dan petunjuk dalam Bahasa Inggris, mengutarakan pendapat sederhana atau kebutuhan dalam Bahasa Inggris, bentuk-bentuk lengkap dan menulis surat pendek terkait dengan informasi pribadi.


Level CEFR : Level A2
Kandidat yang sesuai : Minimum level A1
Komponen : - Reading & Writing: 70 menit
- Listening: sekitar 30 menit
- Speaking: 10 menit
Penilaian (Skor) : Pass, Pass with Merit, & Pass with Distinction
Cambridge English Scale : 100 - 150
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 6-8 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)& Computer-based (Centre kami hanya menyediakan Paper-based)
Tanggal Ujian : Mengikuti jadwal yang berlaku Global
Preliminary English Test (PET)/Preliminary English Test for School (PETfs)

Preliminary English Test, umumnya dikenal sebagai PET, adalah kualifikasi tingkat menengah untuk siswa yang mengharuskan penggunaan Bahasa Inggris secara praktis dan komunikasi Bahasa Inggris untuk tujuan sehari-hari.

PET diperuntukkan untuk level B1 yaitu tingkat Bahasa Inggris yang diperlukan untuk penggunaan praktis, dalam bekerja sehari-hari, belajar dan wisata.

PET memberi peserta didik keterampilan untuk memahami poin utama instruksi langsung atau pengumuman public dalam Bahasa Inggris, menangani sebagian besar situasi ketika bepergian, mengajukan pertanyaan sederhana dan mengambil bagian dalam percakan faktual dalam pengaturan kerja, dan menulis surat atau membuat catatan tentang hal-hal yang familiar.

Terdapat format khusus untuk sekolah yaitu Cambridge English Preliminary for School (KETfs) dengan perbedaan pada perlakuan dan topik yang ditargetkan sesuai dengan kepentingan dan pengalaman siswa sekolah.


Level CEFR : Level B1
Kandidat yang sesuai : Minimum level A2
Komponen : - Reading & Writing: 90 menit
- Listening: sekitar 30 menit
- Speaking: 12 menit
Penilaian (Skor) : Pass, Pass with Merit, & Pass with Distinction
Cambridge English Scale : 120 - 170
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 6-8 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)& Computer-based (Centre kami hanya menyediakan Paper-based)
Tanggal Ujian : Mengikuti jadwal yang berlaku Global
First Certificate in English (FCE)/First Certificate in English for Schools (FCEfs)

Cambridge English First, umumnya dikenal dengan nama First Certificate in English (FCE) adalah kualifikasi tingkat menengah-atas untuk siswa mempersiapkan diri terjun langsung ke dunia nyata.

Cambridge English First diperuntukkan untuk level B2. Tingkat ini cocok untuk studi level menengah atau untuk memulai bekerja di lingkungan berbahasa Inggris. Ini menunjukkan bahwa siswa terampil dalam Bahasa Inggris.

Cambridge English First membantu siswa untuk berkomunikasi dengan percaya diri dalam lingkungan studi yang akrab, berbicara dan menggunakan Bahasa Inggris dalam situasi kerja yang nyata, mengambil bagian dalam percakapan Bahasa Inggris sehari-hari, dan mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris mereka terhadap kualifikasi di tingkat yang lebih tinggi.

Terdapat format khusus untuk sekolah yaitu Cambridge English Preliminary for School (KETfs) dengan perbedaan pada perlakuan dan topik yang ditargetkan sesuai dengan kepentingan dan pengalaman siswa sekolah.


Level CEFR : Level B2
Kandidat yang sesuai : Minimum level B1
Komponen : - Reading: 60 menit
- Writing: 80 menit
- Use of English: 45 menit
- Listening: sekitar 40 menit
- Speaking: 14 menit
Penilaian (Skor) : A, B, C
Cambridge English Scale : 140 - 190
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 6-8 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)& Computer-based (Centre kami hanya menyediakan Paper-based)
Tanggal Ujian : Mengikuti jadwal yang berlaku Global
Certificate in Advanced English (CAE)

Cambridge English Advanced, umumnya dikenal sebagai Certificate in Advance English (CAE) adalah kualifikasi dengan prestasi tinggi untuk yang memiliki ambisi studi sarjana, pascasarjana, atau bekerja dalam bisnis internasional.

CAE memberikan penilaian yang mendalam dari kemampuan pelajar dan kelancaran di level C1. Ini adalah kualifikasi yang tak tertandingi untuk membuktikan bahwa pelajar telah menguasai Bahasa Inggris.

CAE memberdayakan peserta didik untuk mengikuti program akademik sarjana, berpartisipasi dengan percaya diri dalam tutorial akademik dan seminar, melaksanakan penelitian yang kompleks dan menantang, dan berkomunikasi secara efektif pada tingkat manajerial.


Level CEFR : Level C1
Kandidat yang sesuai : Minimum level B2
Komponen : - Reading: 75 menit
- Writing: 90 menit
- Use of English: 60 menit
- Listening: sekitar 40 menit
- Speaking: 15 menit
Penilaian (Skor) : A, B, C
Cambridge English Scale : 160 - 210
Awards : Sertifikat
Kegunaan : Kualifikasi Pelajar Muda
Jangka waktu keluar Nilai : 6-8 minggu
Metode Ujian : Paper-based (PB)& Computer-based (Centre kami hanya menyediakan Paper-based)
Tanggal Ujian : Mengikuti jadwal yang berlaku Global

Klik tanda + untuk melihat lebih detail
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Cambridge English

Mengapa Ujian Cambridge English?

Membuka Peluang Emas Untuk Siswa
Dengan mengikuti ujian Cambridge secara bertahap siswa Anda akan mempunyai keunggulan yang signifikan ketika mereka siap untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk bekerja.
Memotivasi Siswa Anda
Rangkaian ujian cambridge English kami untuk sekolah diciptakan secara spesifik untuk anak-anak dan remaja. Dengan adanya tujuan mengikuti ujian dan lulus, siswa akan lebih termotivasi untuk belajar bahasa Inggris.
Menunjukkan Sekolah Anda Berstandar Internasional
Mendapat bukti yang objektif dari badan berstandardisasi internasional bahwa siswa Anda mencapai kompetensi dan kesuksesan dalam program bahasa Inggris Anda di sekolah Anda.
Membuat Bahasa Inggris Lebih Relevan
Ujian kami meliputi keempat aspek keterampilan berbahasa, yaitu reading, writing, listening, dan speaking sehingga akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.
Meningkatkan Bahasa Inggris Siswa Selangkah Demi Selangkah
Ujian kami dimulai di tingkat pemula dan selanjutnya ke tingkatan yang lebih tinggi sehingga siswa Anda bisa membangun rasa percaya diri dan kompetensi secara bertahap.
Mendapatkan Dukungan untuk Para Guru dan Siswa
Cambridge English menyediakan materi pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran dan persiapan ujian yang dibutuhkan oleh guru dan siswa.
Memiliki Kualitas Terpercaya
Satu-satunya badan sertifikasi bahasa Inggris berstandar internasional yang telah ada dan berdiri sejak 1913 dan menerapkan standar mutu yang sangat tinggi.

Klik tanda + untuk melihat lebih detail

CAMBRIDGE ENGLISH INTERNATIONAL EXAMINATIONS
telah diselenggarakan di 18 kota

Download 2018 Exam Schedule

Download 2019 Exam Schedule

EXAM PREPARATION CENTRE

Apa itu Exam Preparation Centre ?

Exam Preparation Centre adalah setiap sekolah atau lembaga yang mempersiapkan dan memasukkan calon peserta ujian Cambridge English melalui pusat ujian resmi (Authorized Centre). Mentari Assessment siap membantu sekolah anda untuk mendaftar sebagai Exam Preparation Centre ujian Cambridge English.

Ketentuan dan Kondisi untuk menjadi Exam Preparation Centre

Sekolah atau institusi mendaftar untuk minimum jumlah peserta dalam satu tahun periode. Untuk mendapatkan izin pemakaian logo dan sertifikat dibutuhkan minimal 100 peserta dalam satu tahun periode (Agustus-Juli).

Keuntungan Exam Preparation Centre

Menjadi pusat persiapan untuk ujian Cambridge English adalah cara mudah untuk menjadi bagian dari komunitas Cambridge English. Sebagai bagian dari komunitas ini, pusat persiapan berhak mendapatkan berbagai macam manfaat, yaitu:

  Akses ke Cambridge English Language Assessment Online untuk Preparation Centre
  Akses situs web untuk materi pemasaran termasuk lembar fakta ujian yang dapat dipersonalisasi dan dikirim langsung ke calon potensial
  Akses ke berbagai macam bahan dukungan pengajaran dan presentasi ready-made
  Newsletter langsung dari Cambridge English Language Assessment yang mencakup informasi tentang perkembangan baru dan penawaran khusus. Selain itu, beberapa pusat persiapan menerima sertifikat dan dapat menampilkan logo untuk tujuan promosi program persiapan (terdapat kriteria yang berlaku untuk penggunaan loko dan sertifikat)

How to Register for Exam

Step 1
Step 2
Step 3
Step 4
Step 5
Step 6
Step 7
Step 8

REGULATION FOR THE EXAM DAY

Setting Up Exam Room

  Display the current Cambridge English Language Assessment Notice to candidates outside (not inside) the exam rooms. Only one Notice is required if it is visible outside all the rooms being used
  Remove or cover all helpful material, such as posters or notices in English, from the exam room (except for safety notices)
  Having a clock at the front of the room
  Provide CD player for Listening Test
  To provide condusive ambience of the exam room e.g. not too noisy ( room with close doors/windows), enough light, comfortable temperature, and clean

Seating arrangements

  Candidates must be seated at a desk or table
  Display candidate numbers clearly and securely on each desk
  Candidate numbers must be clearly visible to invigilators from a distance
  Candidates must face in the same direction and be seated in column layout in candidate number order
  Ensure that desks are at least 1.25m apart (from the middle of the desk in all directions)
  Desks can be shared, as long as candidates are at least 1.25m apart
  Candidates must not be seated with their backs to the invigilator
  Do not use chairs with side flaps unless the side flaps allow candidates to work with question papers and answer sheets side by side

Authorised materials that candidates can have at their desk during the exam:

  Photo ID, pens, pencils, erasers, small pencil cases, water in a plastic bottle, medicine and confirmation of entry
  Only for YLE candidates : please provide coloured pencils (black, blue, brown, green, grey, orange, pink, purple, red, yellow)
  All other materials must be placed in the designated area. Examples of unauthorised materials for placing in the designated area: Mobile phones, cameras or any other electronic items, dictionaries, correction fluid/tape, etc., paper,bags, handbags, luggage.

For more information

  Mardhana Ksatrya (Centre Coordinator)
E: mardhana@groupmentari-indonesia.com
P: 0838 7511 1601
 
  Stella Fitra Marga (Head office Administrator)
E: stella@groupmentari-indonesia.com
P: (021) 58901900 ext. 6317/6310