Konferensi Bahasa Indonesia 2019
Bahasa Indonesia Jati Diri Bangsaku

February 20, 2019

Setelah mengadakan pelatihan guru bahasa Indonesia di beberapa kota di Indonesia dan melihat respon yang baik dari berbagai pihak, pada hari Sabtu, 16 Februari 2019 Mentari Group menyelenggarakan Konferensi Bahasa Indonesia dengan mengusung tema, “Mempertahankan Jati Diri Bangsa dan Menjaga Keutuhan Bangsa Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia”.

Konferensi ini menghadirkan pembicara antara lain Dr. Felicia N. Utorodewo, Ivan Lanin, Indra Widhi Susanti, Centiana Arie Widjajanti, Rusiati Yo, dan Isti Nugrahani Saptiono. Lebih dari 300 guru, pimpinan sekolah dari sekolah nasional maupun internasional, dan para pemerhati bahasa Indonesia pada umumnya, termasuk media turut berpartisipasi dalam kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai sore hari.

Di sesi pagi, Dr. Felicia N. Utorodewo (Pakar Bahasa dan Tokoh Pegiat Diplomasi Kebahasaan) membagikan perihal pentingnya peran guru di masa kini untuk perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Sedangkan Ivan Lanin menyoroti perihal bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemelajaran bahasa Indonesia di era digital. Sementara untuk siang harinya, peserta dapat memilih lokakarya tentang pengajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas 1-3 SD atau 4-6 SD bersama empat pembicara lokakarya.

Dalam Konferensi Bahasa Indonesia ini, seluruh peserta juga bersama-sama bersepakat untuk senantiasa menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Kesepakatan dinyatakan secara serentak dalam sesi Deklarasi Bahasa Indonesia Jati Diri Bangsaku yang dipimpin oleh Dr. Felicia N. Utorodewo. Pin bertuliskan pesan yang sama juga telah dibagikan sebelum deklarasi kepada seluruh peserta untuk disematkan di dada kiri masing-masing peserta.

Usai deklarasi, setiap peserta menuliskan bentuk komitmen pribadinya untuk menjunjung tinggi bahasa Indonesia secara praktis dalam kehidupan sehari-hari di kertas komitmen, yang lalu diunggah ke Instagram dengan salah satu tagarnya adalah #banggaberbahasaindonesia.

Simak berbagai momen seru dan menarik selama acara berlangsung, yang tentunya sayang jika dilewatkan begitu saja berikut ini. Liputan terkait acara tersebut juga dapat dibaca di Koran SINDO edisi Minggu, 17 Februari 2019 atau di tautan berikut ini.

Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya!